Home / News / Ditanya Kapan Pensiun, Ini jawaban Rossi

Ditanya Kapan Pensiun, Ini jawaban Rossi

Di usianya 39 tahun, banyak publik yang bertanya-tanya kapankah pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi akan pensiun?

Padahal, The Doctor ini sendiri memang belum menunjukkan tanda-tanda untuk pensiun dari balap moto GP. Bahkan, belum lama ini, Rossi justru menambah kontraknya, selama dua musim, yang akan membuatnya bertahan di MotoGP hingga berusia 41 tahun.

Menyikapi kalangan yang komplain pada karirnya di usia mendekati kepala empat, Rossi hanya menyebut setiap atlet berhak berkarier sepanjang mungkin. Asal mampu mempertahankan performa terbaik dan tetap bisa bersaing di papan atas.

Pernyataan Rossi tersebut sebagai kritik balik atas komplain beberapa pihak terhadap atlet yang tak kunjung pensiun meski usianya sudah tak lagi muda. Seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 30 Maret 2018, selain Rossi, atlet Italia lain yang berkarier panjang adalah pesepak bola, Gianluigi Buffon.

Penjaga gawang Juventus tersebut sudah berusia 40 tahun. Dia sempat menyatakan pensiun dari Timnas setelah Italia gagal lolos ke Piala Duniaa 2017. Namun, Buffon kembali ke bawah mistar gawang Italia saat laga persahabatan melawan Argentina, Jumat 23 Maret 2018 lalu.

Valentino Rossi menyatakan tak ada yang salah jika Buffon masih tetap bermain dan menjaga gawang Timnas Italia.

“Buffon jelas harus terus bermain, jika memang masih menginginkannya,” kata Rossi kepada La Gazetta dello Sports, seperti dilansir Express.

Valentino Rossi tidak memberikan kredit yang sepantasnya untuk atlet yang berkarier panjang di bidangnya. Bahkan, Rossi menyebut orang-orang iri terhadap dirinya dan Buffon.

“Saya rasa Buffon tahu, apakah dia masih bisa bersaing di papan atas. Apakah orang-orang iri kepada kami? Ya,” imbuh Valentino Rossi.

Ia juga berharap publik lebih memberi penghargaan yang tetap meneruskan berkarier meskipun usianya tak lagi muda.

“Memang lebih mudah mengatakan supaya seseorang pensiun, daripada mempertimbangkan kemampuan mereka atau apakah mereka masih bisa melihat kiprah sang atlet,” ujar Rossi.

Valentino Rossi belum memberi isyarat bakal langsung pensiun atau tidak setelah kontraknya di Yamaha habis pada 2020. Buffon juga belum memberikan tanda kapan akan gantung sepatu dari kancah sepak bola.

“Ada dua tipe orang. Yang pertama, adalah yang mengapresiasi dan menikmati kehebatan orang lain. Sedangkan yang kedua adalah tipe orang yang iri dan inferior terhadap orang lain,” kata Rossi.

“Hal itulah yang sedang jadi tren di Italia,” sambung Rossi.

Sumber: riauonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*